Tentang

Profil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang:

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan melaksanakan tugas pokok dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang administrasi kependudukan, di mana didalamnya terdapat fungsi dan tugas Bagian Sekretariat, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang terbentuk Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah, yang menetapkan Peraturan Walikota Nomor 135 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan, Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis urusan kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan urusan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  5. Pengelolaan kesekretariatan meliputi perencanaan umum, kepegawaian keuangan, evaluasi dan pelaporan;
  6. Pelaksanaan pengawasan, pengendalian evaluasi, dan pelaporan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

STRUKTUR ORGANISASI

1. Kepala Dinas;

2. Sekretaris,

(a.)  Sub Bagian umum dan kepegawaian

(b.) Sub Bagian perencanaan dan keuangan

3. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, 

(a.)Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan

(b.) Seksi Pengolahan dan Penyajian Data

(c.) Seksi Kerja sama dan Inovasi Pelayanan

4. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk

(a.) Seksi Identitas Penduduk

(b.) Seksi Pindah Datang Penduduk

(c.) Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Pendataan Penduduk

5. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

(a.) Seksi Kelahiran

(b.) Seksi Perkawinan dan Perceraian

(c.) Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan, dan Kematian.