\

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN II TAHUN 2022

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang dipersepsikan sangat baik oleh masyarakat pengguna layanan. Karena hal ini terlihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unsur pelayanan yang dianggap cukup memuaskan diperoleh sebesar 76,61 - 88,30. Nilai IKM yang diperoleh pada 9 pertanyaan yaitu 86,89. Lalu unsur pelayanan yang paling dianggap memuaskan para responden adalah Kesesuaian/ Kewajaran Biaya. Sedangkan unsur pelayanan yang masih kurang memuaskan adalah Kecepatan Pelayanan.

Kelompok-kelompok saran serta keluhan dari masyarakat yang telah dikumpulkan melalui kuesioner antara lain:
1. Masih adanya masyarakat yang kesulitan, bahkan sama sekali belum mengerti penggunaan aplikasi berbasis online saat ini.
2. Agar lebih cepat dalam pelayanan.
3. Penyediaan sarana dan prasarana yang lebih memadai.

Rencana Tindaklanjut.
Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat, perlu dilakukan peningkatan pelayanan terutama dalam peningkatan kecepatan layanan dan perbaikan dalam penyediaan sarana dan prasarana, berdasarkan hal tersebut maka akan dilakukan rencana tindak lanjut sebagai berikut :
1. Informasi layanan melalui media sosial;
2. Sosialisasi layanan melalui media sosial;
3. Pengarahan pada petugas loket dan operator;
4. Peningkatan sarana dan prasarana secara bertahap.